Waspada Terhadap Bahayanya Waktu Luang

💥Waspada Terhadap Bahayanya Waktu Luang🍒

🍃Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, bersabda,
إِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَا بَكَ قَبْلَ هَرَ مِكَ ، وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ ، وَ غِنَا كَ قَبْلَ فَقْرِ كَ ، وَ فَرَا غَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ ،وَ حَيَا تَكَ قَبْلَ مَوْ تِكَ
“Gunakanlah yang lima sebelum datang yang lima: Masa mudamu sebelum datang masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, masa kayamu sebelum masa miskinmu, masa kosongmu sebelum datang masa sibukmu, dan masa hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR Al-Hakim; disohihkan Al-Albany dalam At- Targhieb, 3355)
🌴Hadis Nabi ini mengingatkan tentang pentingnya menjaga waktu dan memanfaakannya. Waktu luang adalah kesempatan berharga yang tidak akan berulang kembali kedatangannya. Dan “lima perkara sebelum lima perkara” itu memiliki maksud supaya kita mempergunakan waktu dan kesempatan dengan sebaik-baiknya, sebelum hilangnya kesempatan tersebut.
🌴Hal ini mengingatkan kita, agar jangan sampai kita seperti orang-orang yang merugi dengan waktu, sebagaimana yang Allah ingatkan dalam firman-Nya,
والعصر. إن الإنسان لفي خسر. إلا الذين آمنوا وعملوا الصالحات وتواصوا بالحق وتواصوا بالصبر.
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.”(Al-“Ashr:1-3)  
🌴Demikian pula jangan sampai kita bernasib seperti orang-orang kafir yang menyesal dengan kekafirannya di jahannam, Firman-Nya: “Dan orang-orang kafir bagi mereka neraka Jahanam. Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati dan tidak (pula) diringankan dari mereka adzabnya. Demikianlah kami membalas setiap orang yang sangat kafir. Dan mereka berteriak di dalam neraka itu: “Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yang shaleh berlainan dengan yang telah kami kerjakan”. (Fathir:36)  
🌴Lalu dijawab oleh Allah penyesalan mereka: “Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berpikir bagi orang yang mau berpikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan? maka rasakanlah (adzab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang dzalim seorang penolongpun.”(Fathir:37)

🌴Manfaatkanlah Waktu luangmu !.

🌱Wasiat Umar kepada kaum Muslimin:”Waspadalah terhadap waktu luang, karena ia lebih banyak membuka pintu maksiyat daripada pintu syukur. (Nasrud Durr,2/60)

🌱Nasehat Syaikh Ibnu Utsimin,”Waktu luang bisa menjadi penyakit yang membinasakan pikiran, akal dan potensi fisik manusia, karena diri manusia harus beraktifitas dan berbuat. Jika diri manusia tidak beraktifitas maka pikirannya akan beku, akalnya akan buntu dan aktifitas dirinya akan lemah, sehingga hatinya akan dikuasai bisikan-bisikan pemikiran buruk, yang terkadang akan melahirkan keinginan-keinginan buruk. Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda:
نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ: الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ
“Ada dua nikmat yang kurang diperhatikan oleh kebanyakan manusia; yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Abu Dawud, 4833, Tirmidzi, 2378 dan Hakim 4/189, dishahihkan oleh al-Albani)
🌱Untuk mengatasi hal ini, hendaknya seorang Mukmin (terutama pemuda) berupaya untuk mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang cocok dan bermanfaat untuknya, seperti membaca, menulis, berwiraswasta atau kegiatan lainnya, untuk menghindari kekosongan aktifitas dirinya, dan menjadikannya sebagai anggota masyarakat yang berbuat kebaikan untuk dirinya dan orang lain. (Syaikh Ibn Al-Utsaimin, Min Musykilaatisy Syabaab, hal. 12)
Semoga bermafaat.
🍃Abu Yusuf

🌴..🌱🍃🍒💥🍒🍃🌱..🌴

Iklan

Tentang andynulis

Andy Hartono, seorang muslim yang terlahir pada tahun 1982, di Kediri, Jawa Timur. Setelah menamatkan SD dan SMP di kota kelahirannya, ia merantau ke Bekasi dan Semarang hingga mendapatkan sebuah gelar "Sarjana Teknik". Pernah bekerja di perusahaan elektronik di Bekasi, kemudian berlanjut di sebuah pabrik semen hingga saat ini. Di pabrik semen inilah, takdir Alloh mempertemukannya dengan seorang perempuan bernama Desi Devyawati yang saat ini menjadi istrinya dan dikaruaniai 2 orang anak laki2. Bekerja di bidang listrik-instrumentasi, justru memperkenalkannya dengan RCA dan RCM yang merupakan titik awal ketertarikannya dalam dunia asset management. Meskipun saat menulis profil ini dia malah bergabung ke proyek konstruksi, tidak menyurutkan langkahnya untuk tetap mendalami bidang ini. Karena dalam bidang ini, dia merasa bisa mengaktualisasikan dirinya untuk membuat suatu konsep, memimpin suatu perbaikan, dan menjembatani proses perubahan. Slogan hidupnya adalah "Menuju Hidup Bahagia dan Manfaat", dengan memegang prinsip bahwa "Kebahagiaan hanyalah ditangan Alloh, dan tidak bisa diperoleh kecuali dengan ketaatan kepada Alloh" tentunya dengan pemahaman generasi terbaik terdahulu.
Pos ini dipublikasikan di Inspirasi dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Waspada Terhadap Bahayanya Waktu Luang

  1. desi berkata:

    Jazaakallahu khoir remindnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s