3 tahun dalam 3 bulan

Adalah sebuah cerita dalam suatu proyek besar yang sudah bergulir selama 3 tahun, tetapi anehnya justru banyak pengalaman datang pada sub proyek yang hanya berdurasi 3 bulan.
Sebelum bercerita lebih lanjut, saya akan menekankan pentingnya sebuah engineering design yang matang, karena dengan engineering yang matang maka bisa direncanakan material yang tepat serta metode eksekusi yang paling efisien, sehingga bisa dihindari reworks dan kesulitan2 saat eksekusi.
Baiklah langsung saja, berikut ini paling tidak langkah2 pelaksanaan suatu proyek dari sisi elektrikal:
1. Pastikan process flowsheet adalah sudah final, berikut equipment, lokasi, dan functional descriptionnya.
2. Tentukan motor list dan instrumentation list dari flowsheet yang sudah ada.
3. Dari motor list dan instrumentation list yang ada, tentukan berapa MCC (motor control center) yang diperlukan berikut rating ampere, rating tegangan, type (DOL, Subcontrol, Forward Reverse, VSD, dsb).
4. Setelah MCC list jadi, hitung power demand yang diperlukan, berapa sparenya, sehingga selanjutnya dapat ditentukan darimana power source berikut kapasitasnya.
5. Kita tinggal dulu sisi power dengan “gambaran setengah jadinya”, sembari menunggu orang Sipil dan Mekanik menyelesaikan GA (general arrangement) drawingnya,  kita tentukan control network concept dan diagram dari motor list dan instrumentation list yang sudah ditentukan sebelumnya.
6. Kalau sudah ada GA drawingnya, langkah selanjutnya adalah menentukan rute cable, sampai bisa dibuat cable list dan cable schedulenya.
7. Dari sisi power jangan lupa menghitung power system analysisnya (shortcircuit analysis, load flow, dsb)
8. Nah, dari list equipment, cable, MCC, sensor maka bisa dibuat BoQ nya.
9. Silahkan dipilih apakah mau unit price atau lumpsum, dan jelaskan sedetil2nya spec saat tendering, berikan standar yang digunakan, selalu catat atau rekam sebagai notulen rapat.
10. Bila kontraktor pemenang sudah ditentukan, langsung mintalah material dan purchase approval yang berisi spec dan quantity.
11. Juga shop drawing yang meliputi tapi tidak terbatas pada panel layout, cable dan tray route, equipment mounting, end equipment wiring, grounding and lightning, lighting and HVAC.
12. Periksa semua dengan teliti, cocokkan dengan standard yang digunakan.
13. Sebelum eksekusi, pastikan kontraktor mengerti regulasi OHS, environment, security yang berlaku.
14. Perhatikan juga power source for construction, toilet, rest area, dst.
15. Monitor progress pekerjaan setiap minggunya dan supervisi setiap harinya.
16. Pastikan semua cable tray sudah benar, lakukan pulling utk cable tray yg sdh ditandai.
17. Untuk cable pulling, pastikan kembali cable schedule dan termination list yg sudah dibuat.
18. Adapun untuk panel, pastikan memiliki akses yang cukup.
19. Lakukan continuity test, megger, hipot test(bila diperlukan) dan jangan lupa beri label sementara.
(bersambung)

Iklan

Tentang andynulis

Andy Hartono, seorang muslim yang terlahir pada tahun 1982, di Kediri, Jawa Timur. Setelah menamatkan SD dan SMP di kota kelahirannya, ia merantau ke Bekasi dan Semarang hingga mendapatkan sebuah gelar "Sarjana Teknik". Pernah bekerja di perusahaan elektronik di Bekasi, kemudian berlanjut di sebuah pabrik semen hingga saat ini. Di pabrik semen inilah, takdir Alloh mempertemukannya dengan seorang perempuan bernama Desi Devyawati yang saat ini menjadi istrinya dan dikaruaniai 2 orang anak laki2. Bekerja di bidang listrik-instrumentasi, justru memperkenalkannya dengan RCA dan RCM yang merupakan titik awal ketertarikannya dalam dunia asset management. Meskipun saat menulis profil ini dia malah bergabung ke proyek konstruksi, tidak menyurutkan langkahnya untuk tetap mendalami bidang ini. Karena dalam bidang ini, dia merasa bisa mengaktualisasikan dirinya untuk membuat suatu konsep, memimpin suatu perbaikan, dan menjembatani proses perubahan. Slogan hidupnya adalah "Menuju Hidup Bahagia dan Manfaat", dengan memegang prinsip bahwa "Kebahagiaan hanyalah ditangan Alloh, dan tidak bisa diperoleh kecuali dengan ketaatan kepada Alloh" tentunya dengan pemahaman generasi terbaik terdahulu.
Pos ini dipublikasikan di Pekerjaan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s